Tips Habiskan Akhir Pekan Terbaik Anda

Tips Habiskan Akhir Pekan Terbaik Anda

Kita mungkin lebih sering menikmati akhir pekan bersama teman-teman, sekadar jalan-jalan atau mengobrol. Tapi, bukankah akhir pekan sebenarnya bisa jadi waktu yang tepat untuk akrab dengan keluarga?

Jika anda merasa bingung tentang apa yang bisa dikerjakan bersama keluarga saat akhir pekan, berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menghabiskan akhir pekan anda.

oscarliving.com

oscarliving.com

1. Mulailah dengan Kegiatan Membersihkan Rumah

Ketika di hari biasa semua anggota keluarga sibuk dengan kegiatan masing-masing, bersih-bersih rumah bisa jadi prioritas kalian saat weekend. Setelah hampir satu minggu terabaikan, rumahmu juga butuh dibersihkan dan ‘dipercantik’ supaya tetap nyaman untuk ditinggali.

Bagi tugas sesuai area rumahmu. Misalnya nih, ayah bertugas membersihkan area taman depan dan teras, ibu di dapur, kamu di sekitar kamar, dan adikmu ruang tamu. Jika ada bibi di rumahmu, beliau bisa ikut membersihkan gudang dan taman belakang rumah. Bukankah bibi adalah bagian dari keluargamu juga?

Selain bersih-bersih, cobalah untuk mengubah posisi beberapa perabotan yang ada di rumahmu. Cara sederhana ini akan membuat rumah terlihat berbeda dan tidak membosankan!

2. Kumpulkan Barang-Barang Bekas Atau yang Tidak Terpakai

Kebiasaan menyimpan barang yang sebenarnya tidak diperlukan bisa membuat rumah terasa ‘sumpek’. Coba perhatikan isi rumahmu. Kamu pasti bisa menemukan perabotan yang sangat jarang terpakai; lemari atau meja dan kursi misalnya. Mungkin di kamarmu sendiri ada banyak baju yang sudah tidak terpakai.

Lebih baik kumpulkan barang-barang itu. Pisahkan antara barang bekas yang sudah tidak layak dan barang yang masih layak pakai. Barang bekas bisa dibuang atau dijual, sedangkan barang layak pakai bisa disumbangkan pada tetangga yang membutuhkan atau panti asuhan.

 3. Memasak Bisa Jadi Kegiatan yang Menyenangkan

Pilih beberapa menu makanan yang paling disukai semua anggota keluargamu. Misalnya, sayur asem yang dipadu ayam goreng, telur balado, dan tempe atau tahu goreng. Pastikan setiap orang punya tugasnya masing-masing. Mulai dari memotong sayuran, menyiapkan bumbu-bumbu, hingga menggoreng.

Memasak bersama tidak hanya menyenangkan, tapi sekaligus mempererat ikatan keluarga. Selama proses memasak, kamu akan banyak berinteraksi dengan masing-masing anggota keluargamu.

 4. Buat Kue Bersama Keluarga dengan Resep yang Mudah

Hampir sama seperti memasak, membuat kue bisa jadi cara unik untuk mengisi akhir pekan bersama keluarga. Kumpulkan resep-resep kue dari majalah ataubrowsing di internet. Pilih resep yang sederhana dan mudah diaplikasikan. Buat supaya acara membuat kue bersama keluarga tetap menyenangkan sekaligus mendekatkan kalian.

 5. Menghabiskan Waktu dengan Main GameBersama

Kegiatan juga perlu kamu coba adalah main game bersama keluarga. Pilih gameyang ringan dan mudah dimainkan semua anggota keluargamu, misalnya Monopoli atau Uno. Supaya lebih seru, buat hukuman atau hadiah untuk yang kalah dan menang. Misalnya nih, seseorang yang kalah 2 kali berturut-turut harus rela menyapu rumah setiap hari selama satu minggu.

6. Nonton Film Favorit Keluarga

Nonton film di rumah bersama keluarga bisa jadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus murah. Kamu mungkin hanya perlu membeli DVD film favorit atau meminjamnya dari tempat persewaan. Ditemani teh hangat dan kue buatan sendiri, kamu dan keluargamu pasti betah berlama-lama di depan layar TV.

 7. Berkebun di Akhir Pekan Baik untuk Mencegah Stres

Jika sudah bosan dengan kegiatan yang dilakukan di dalam rumah, kamu dan keluargamu bisa memulai kegiatan outdoor dengan berkebun. Selain tidak harus mengeluarkan biaya, berkebun sudah pasti akan mempercantik tempat tinggalmu.

Selain memilih tanaman hias atau jenis bunga, sebaiknya pelihara tanaman yang bisa dimanfaatkan sehari-harinya. Misalnya, kamu bisa menanam tomat atau cabai, berbagai jenis tanaman obat, atau rempah-rempah.

8. Undang Keluarga Besar untuk Datang ke Rumahmu

Jika menurutmu kumpul bersama keluarga inti saja kurang ramai, tidak ada salahnya mengundang keluarga besarmu. Rencanakan acara kumpul bersama sejak jauh-jauh hari untuk memastikan kakek, nenek, paman, atau bibimu bisa datang ke rumahmu.

Sebagai tuan rumah, kamu wajib menyiapkan minuman dan makanan untuk menjamu mereka. Pastikan kamu sudah membuat susunan acara yang jelas di momen ini. Yang pasti, kamu punya tujuan untuk mempertemukan seluruh keluarga besarmu. Kumpul keluarga tidak melulu saat hari raya saja, bukan?

9. Sesekali, Luangkan Waktu untuk Diskusi Bersama

Komunikasi adalah yang terpenting untuk menjaga ikatan dalam keluarga tetap erat. Seringkali, kesibukan dan rutinitas masing-masing anggota keluargamu membuat komunikasi tidak bisa terjalin dengan baik. Akibatnya, rentan terjadi salah paham atau perselisihan dalam keluarga.

Kumpul bersama keluarga untuk mengobrol bersama sangatlah penting. Banyak hal yang bisa didiskusikan bersama, ketika kamu punya masalah di kampus atau kantor misalnya. Keluarga sudah pasti akan jadi pendengar yang baik. Nasihat dan saran-saran yang membangun juga pasti diberikan orang tua kepadamu.

10. Jangan Lupakan Lingkungan Sekitar Rumahmu

Manusia modern cenderung individualis, termasuk ketika hidup dalam masyarakat atau bertetangga. Ketika setiap harinya tidak sempat bertegur sapa lantaran sibuk dengan rutinitas masing-masing, gunakan waktu di akhir pekan untuk berkunjung ke rumah tetanggamu. Sekadar bertanya kabar sambil membawakan sekaleng kue tentu sudah cukup. Setidaknya, kamu dan keluargamu menunjukkan rasa kepedulian dan kasih sayang terhadap sesama.

11. Olahraga Penting untuk Kesehatan

Kegiatan lain yang bisa jadi pilihan saat akhir pekan adalah berolahraga. Misalnya, kamu dan keluarga bisa bersama-sama ke Car Free Day untuk sekedar jalan atau lari pagi. Boleh juga kalau kamu dan keluargamu suka bersepeda. Menikmati Minggu pagi dengan berolahraga dan sarapan bersama jadi momen yang sayang untuk dilewatkan.

12. Pergi ke Taman Kota

Demi mengisi waktu luang saat akhir pekan, taman kota bisa kok jadi tujuan wisata kamu sekeluarga. Selain jaraknya cukup dekat, di sana kamu dan keluarga sudah bisa menikmati pemandangan hijau dan menghirup udara segar. Tempat yang satu ini bisa jadi pilihan ketika berada di rumah begitu suntuk sedangkan untuk pergi berlibur tidak ada cukup waktu.

13. Nonton Acara Lokal di Kotamu

Periksa kalender acara di kotamu yang biasanya dimuat di koran-koran lokal. Setiap akhir pekan sering digelar acara-acara kesenian, seperti kirab budaya atau sendratari. Nah, mengisi akhir pekan dengan pergi bersama keluarga untuk menonton acara kesenian ini perlu kamu coba, ya!

14. Piknik Bersama Keluarga Jadi Kegiatan yang Paling Seru

Piknik bisa jadi yang paling digemari daripada berbagai pilihan kegiatan yang sudah disebutkan di atas. Rasa bosan atau jenuh biasanya jadi pendorong yang paling kuat ketika keluarga memutuskan untuk pergi berlibur.

Kamu dan keluarga bisa memilih berbagai jenis destinasi wisata; mulai dari pantai, kebun binatang, atau daerah pegunungan. Kamu dan keluarga juga bisa mencicipi sensasi kemping bersama. Tidur di tenda, membuat api unggun, memasak dengan kayu bakar; banyak hal seru yang bisa kamu lakukan bersama keluargamu. Hmm…pengen nggak, tuh?

Nah, dari beberapa pilihan kegiatan di artikel ini, mana yang akan kamu kerjakan bersama keluargamu di akhir pekan ini? Semoga akhir pekanmu bersama keluarga menyenangkan, ya!

Be Sociable, Share!

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *