Miliarder Singapura Bermodal Dengkul

Miliarder Singapura Bermodal Dengkul

gohGoh Cheng Liang, seorang konglomerat berkebangsaan Singapura dengan kekayaan yang ditaksir mencapai lebih dari US$ 2,1M atau sekitar Rp 22,96 triliun. Angka yang fantastik bukan ? :) Salah satu karyanya adalah RS. Mt Elizabeth dan pusat perbelanjaan Liang Court dui Clarke Quay.

Baru-baru ini, bersama dengan Crown Holdings dari AS, mengakuisisi sebuah perusahaan yang memproduksi kemasan (Superior Multi Packaging). Awal tahun ini, dia mengajukan tawaran senilai US$751 juta untuk mengambil 30 persen saham induk usaha Nippon di Jepang untuk mendukung bisnisnya di Asia.

Miliarder Singapura Bermodal Dengkul

Namun tahukah Anda ?? Bahwa konglomerat asal Singapura yang dikenal sebagai individu yang tertutup ini tidak pernah sekolah. WOW :o

Ia terlahir dari keluarga yang berlatar belakang tidak mampu yang tinggal di sebuah rumah petak dengan berisi hanya satu ruangan pada tahun 1928. Sebagai anak laki ia mencari ikan untuk dijual dan bekerja di sebuah toko perkakas, namun ia terus belajar keterampilan berbisnisnya.

Ketika pasar saham Inggris surplus pada tahun 1949, Goh membeli semua stok cat busuk dengan harga yang sangat murah. Dengan bermodal buku kimia di tangannya serta kreatifitasnya, dia mencampurkan pelarut, pewarna dan bahan kimia untuk memproduksi merek catnya, Pigeon.

Tahun berikutnya, tepatnya saat perang Korea pecah dan adanya larangan impor membuat laba dari penjualan catnya melejit akibat tidak ada produk asing yang masuk. Bisnis Goh mencapai puncaknya ketika dia menjalin kerjasama dengan perusahaan cat Jepang, Nippon Paint. Saat itu, Goh mengambil risiko dengan membentuk joint venture, Management Group Nipsea, dengan porsi 60-40.

Dilansir dari Reuters, kesuksesannya di bisnis cat tak membuatnya berhenti. Dengan bermodal tekad yang kuat dan semangat yang tak pernah padam, ia pun mengembangkan usahanya ke sektor properti. Bertahun-tahun ia berinvestasi ke bisnis property dengan membangun  pusat perbelanjaan, hotel, serviced residences, serta bisnis distribusi ritel dengan mitra Jepang, pabrik elektronik, kemasan khusus, logistik, pabrik makanan di Amerika dan bahkan sebuah perusahaan pertambangan di China.

Ketika anaknya yang sekolah di Amerika, Goh Hup Jin, membawa sejumlah perusahannya untuk go public, Goh pun mendirikan perusahaan holding, Yenom Industries. Perusahaan ini merupakan induk dari perusahaan properti, emas dan hotel di Teluk Habour dan sejumlah tempat lain.

Dengan sikapnya yang tertutup tidak membuat ia jauh dari pemberitaan. Dia dikenal sebagai dermawan yang banyak memberikan beasiswa, penelitian kanker dan pendidikan melalui Goh Foundation.

Miliarder Singapura Bermodal Dengkul

Sumber : http://www.yahoo.com

Be Sociable, Share!

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *