Mengatasi Akibat dari Duduk Berlama-lama

Mengatasi Akibat dari Duduk Berlama-lama

posisi dudukPada artikel sebelumnya kami telah berbagi informasi mengenai akibat-akibat yang timbul bila duduk dalam jangka waktu yang lama. Akibat-akibat yang timbul di antaranya mulai dari sakit punggung hingga mati muda. Umumnya aktivitas duduk yang terlalu lama ini dilakukan oleh para pekerja kantor yang harus menghabiskan hampir seluruh jam kerjanya untuk berada di depan layar komputer.

Tentu Anda tidak menginginkan hal-hal buruk terjadi pada Anda, bukan ?

Berikut kami akan berbagi beberapa tips untuk mengatasi akibat-akibat yang dapat timbul bila Anda duduk terlalu lama.

Berjalan Sejenak

Bila Anda telah duduk kurang lebih selama 1 jam, maka sebaiknya Anda bangun dan berjalan-jalan santai sambil melihat-lihat kondisi di sekitar Anda. Lakukan selama 20-30 detik. Hal ini berguna untuk melemaskan otot-otot yang mulai kaku.

Berbaring Sejenak

Bila ada waktu luang yang memungkinkan Anda untuk beristirahat lebih lama, cobalah untuk membaringkan tubuh atau sekedar menyandarkan punggung Anda sejenak. Hal ini berguna untuk merilekskan otot-otot yang kaku akibat duduk terlalu lama.

Konsumsi Air Putih

Hampir sebagian besar orang mengabaikan poin yang satu ini. Namun jangan salah, sebaliknya poin yang satu ini tentulah sangat penting bagi semua orang. Salah satu manfaatnya adalah untuk membantu melumasi tulang dan sendi Anda.

Mengatasi Akibat dari Duduk Berlama-lama

Konsumsi Jus Buah

Selain air putih, jus buah juga termasuk penting untuk dikonsumsi secara rutin. Terutama bagi Anda yang bekerja seharian di depan layar komputer. Tentu mata akan menjadi lelah bila berada di depan layar komputer terlalu lama. Maka rutinlah mengkonsumsi jus buah seperti papaya, tomat dan buah lainnya yang kaya akan vitamian A dan C yang dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda.

Posisi Duduk yang Baik

Posisi duduk Anda juga akan mempengaruhi kesehatan Anda. Sebab bila posisi duduk Anda salah maka akan mempercepat timbulnya penyakit pada tulang belakang yang apabila tidak ditangani sedini mungkin efek sampingnya baru akan terasa di masa mendatang.

Berikut posisi duduk yang benar.
  • Pastikan posisi lutut lebih tinggi dari pinggul
  • Biasakan kaki Anda berpijak pada palang kayu yang ada di bawah meja. Hindari menyilangkan kaki
  • Pastikan tempat duduk Anda dekat dengan meja tempat Anda bekerja agar otot lebih rileks.
  • Regangkan sesekali lengan dan siku Anda sehingga bahu akan terasa lebih rileks.
  • Saat Anda akan hendak mengambil barang dalam posisi duduk, janganlah dengan cara memelintir punggung. Tetapi dengan cara putarkan seluruh tubuh Anda untuk meraihnya.

Mengatasi Akibat dari Duduk Berlama-lama

Be Sociable, Share!

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *